Kamis, 04 Agustus 2022

SOLUSI GALI LUBANG TUTUP LUBANG

 


بسم الله الرحمان الرحيم

"Gali lubang tutup lubang" adalah kiasan bagi orang yang mengalami banyak hutang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memberikan solusi bagi yang mengalami permasalahan ini, agar berdo'a kepada Dzat Yang Maha Kaya;


📝  Berkata Abu Wail rahimahullah, "Ada seorang budak yang ingin membebaskan (memerdekakan) dirinya, datang kepada Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu seraya berkata, "Aku tidak mampu membebaskan diriku, maka bantulah aku!"

Ali menjawab, "Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kepadaku.  Seandainya engkau memiliki hutang setinggi gunung Shir*, niscaya Allah akan membayarkannya untukmu?" 

Ia menjawab, "Ya"

Ali berkata, "Ucapkanlah,

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak Finii bi Halaalika 'An Haraamika, wa Aghninii bi Fadhlika 'Amman Siwaak

“Ya Allah, cukupilah aku dengan kehalalan-Mu sehingga aku tidak butuh kepada keharaman-Mu.  Dan, jadikanlah aku kaya dengan keutamaan-Mu sehingga aku tidak butuh kepada selain-Mu”


* Gunung Shir terdapat di daerah / kabilah Thoyyi'.  Ada yang mengatakan di Yaman.


🌍 HR. Tirmidzi no. 3563, dihasankan Syaikh Al-Albani

oOo


Disadur dari;

💻 Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar