Senin, 27 Februari 2023

OBAT PENYAKIT 'ISYQ

 


بسم الله الرحمن الرحيم

✍️  Berkata Al-Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah,

'Isyqus Shuwar (Cinta yang berlebihan terhadap rupa dan penampilan) hanya menimpa hati yang kosong dari kecintaan terhadap Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang berpaling dari-Nya dan yang mengambil pengganti dari selain-Nya. 

Apabila hati itu dipenuhi dengan kecintaan kepada Allah dan kerinduan terhadap-Nya, niscaya hal itu dapat mencegah penyakit 'isyqus shuwar (cinta yang berlebihan terhadap rupa).  Oleh karenanya, Allah berfirman pada peristiwa yang menimpa nabi Yusuf 'alaihissalam (artinya);

 "Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf* itu termasuk hamba-hamba Kami yang ikhlas."

Maka ayat ini menunjukkan, bahwa keikhlasan adalah sebab untuk mencegah penyakit 'isyq (Cinta yang berlebihan kepada selain Allah), dan apa saja yang diakibatkan olehnya berupa keburukan dan kekejian."


📚  Ath-Thibbun Nabawi (hlm. 201).


*  Nabi Yusuf 'alaihissalam diuji oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan ketampanan luar biasa, yang mampu membuat para wanita yang memandang Beliau "klepek-klepek".

Penyakit 'Isyq ini banyak menimpa para wanita zaman now.  Mereka tidak segan-segan menggelontorkan dana berapapun banyaknya, agar tetap cantik dan tampil menawan, dengan cara apapun, (pen blog).

➖➖➖

قال الإمام ابن القيم رحمه الله :

ﻭﻋﺸﻖ اﻟﺼﻮﺭ ﺇﻧﻤﺎ ﺗﺒﺘﻠﻰ ﺑﻪ اﻟﻘﻠﻮﺏ اﻟﻔﺎﺭﻏﺔ ﻣﻦ ﻣﺤﺒﺔ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ، اﻟﻤﻌﺮﺿﺔ ﻋﻨﻪ ، اﻟﻤﺘﻌﻮﺿﺔ ﺑﻐﻴﺮﻩ ﻋﻨﻪ ، ﻓﺈﺫا اﻣﺘﻸ اﻟﻘﻠﺐ ﻣﻦ ﻣﺤﺒﺔ اﻟﻠﻪ ﻭاﻟﺸﻮﻕ ﺇﻟﻰ ﻟﻘﺎﺋﻪ ، ﺩﻓﻊ ﺫﻟﻚ ﻋﻨﻪ ﻣﺮﺽ ﻋﺸﻖ اﻟﺼﻮﺭ ، ﻭﻟﻬﺬا ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﺣﻖ ﻳﻮﺳﻒ *:{ﻛﺬﻟﻚ ﻟﻨﺼﺮﻑ ﻋﻨﻪ اﻟﺴﻮء ﻭاﻟﻔﺤﺸﺎء ﺇﻧﻪ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﻧﺎ اﻟﻤﺨﻠﺼﻴﻦ}* ، ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ اﻹﺧﻼﺹ ﺳﺒﺐ ﻟﺪﻓﻊ اﻟﻌﺸﻖ ﻭﻣﺎ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ اﻟﺴﻮء ﻭاﻟﻔﺤﺸﺎء .

📚 الطب النبوي (ص٢٠١).

oOo


Disalin dengan editan dari;

 https://t.me/salafy_cirebon






Tidak ada komentar:

Posting Komentar