Rabu, 13 September 2023

KAITAN BAU KERINGAT DEGAN KOTORAN HATI

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Berkata Al-Imam Ibn Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah:

"إن النجاسة تارة تكون محسوسة ظاهرة، وتارة تكون معنوية باطنة، فيَغلبُ على الروح والقلب الخبث والنجاسة، حتى إن صاحب القلب الحيّ لَيَشُمُّ من تلك الروح والقلب رائحة خبيثة يتأذى بها، كما يتأذى من شَمَّ رائحة النَّتْن، ويظهر ذلك كثيرًا في عَرَقِهِ، حتى يجد لرائحة عَرقِهِ نتْنًا، فإن نَتْن القلب والروح يتصل بباطن البدن أكثر من ظاهره، والعَرق يفيض من الباطن، ولهذا كان الرجل الصالح طيب العرق، وكان رسول الله ﷺ أطيب الناس عَرقًا، قالت أم سُليم وقد سألها رسول الله ﷺ عنه وهي تلتقطه : (هو من أطيب الطيب). فالنفس النَّجسة الخبيثة يَقوى خبثها ونجاستها؛ حتى يبدوَ على الجسد، والنفسُ الطيبة بضِدها، فإذا تجرّدت وخرجت من البدن وُجِدَ لهذه كأطيب نَفْحَة مِسك وُجدت على وجه الأرض، ولِتِلك كأنتن ريحِ جِيفة وُجدِت على وجه الأرض ".

📒إغاثة اللهفان في مصائد الشيطان، صفحة رقم (١٢٦ _١٢٧).


"Kotoran atau najis kadang-kadang berwujud dan tampak, dan terkadang tidak tampak, maka ruh dan hati terkalahkan oleh kotoran dan kenajisan, sampai-sampai pemilik hati yang hidup mampu mencium dari balik jiwa dan hati itu bau busuk yang mengganggunya.  Sebagaimana terganggunya ia ketika mencium aroma busuk.  Dan ini seringkali muncul dalam bentuk keringat, sampai-sampai didapati pada keringatnya sesuatu yang berbau busuk.  Karena aroma hati dan ruh itu lebih banyak terkoneksi ke badan bagian dalam daripada bagian luar, sementara keringat bersumber dari dalam badan.  Oleh karena itulah orang shalih memiliki keringat yang wangi, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam adalah orang yang paling wangi keringatnya.

Berkata Ummu Sulaim: 'Rasulullah bertanya kepadanya tentang diri Beliau disaat berkumpul dengannya, “Beliau shallallahu 'alaihi wassallam adalah wewangian terbaik”.  Jiwa yang najis lagi kotor akan memperkuat kekotoran tersebut dan kenajisannya.  Sampai-sampai tampak pada tampilan fisik.

Adapun jiwa yang baik, sebaliknya.

Jika keringat mengalir dan keluar dari badan didapati padanya semisal wangi parfum yang terbaik yang ditemukan di muka bumi.

Adapun tadi (jiwa yang kotor) seperti bau busuk aroma bangkai yang ditemukan di muka bumi."*

📚  Ighatsatul Lahfaan fii Mashaaidussyaithan. No. 126-127

•••

Berkata Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah,

"رائحة العَرَق ترتبط بصلاح أو فساد القلب والروح ".

📚شرح كتاب إغاثة اللهفان من مصائد الشيطان (19/111)

"Aroma keringat bergantung pada baik atau rusaknya hati dan ruh."

📚  Syarah Kitab Ighaastsatul Lahfaan, 19/111


*  Hal ini tentu berbeda keadaannya dengan orang yang menggunakan parfum sebagai pewangi - dibandingkan keringat aslinya yang seringkali tidak mampu ditutupi oleh parfum.

Hal ini kerap kita temukan pada sebagian kaum muslimin, saat pelaksanaan shalat berjamaah, sehingga mengganggu kekhusyu'an orang yang berada di sebelahnya.  

Termasuk para perokok aktif, bau badan dan udara yang keluar dari nafas mereka sudah seperti bau asbak rokok, bukan lagi sekedar bau asap rokok!

 (pen blog).

oOo


Disalin dengan editan dari;

https://t.me/salafy_sorowako

https://t.me/assunnahsorowako

Tidak ada komentar:

Posting Komentar