Senin, 25 Desember 2023

MADZHAB AHLUSSUNAH WAL JAMA'AH

 


بسم الله الرحمن الرحيم

✒️  Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah,

"Madzhab Ahlussunah wal Jama'ah adalah mazhab yang telah dikenal dan sudah ada sejak dahulu kala, sebelum Allah menciptakan Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Asy-Syafi'i, dan Imam Ahmad. 

Madzhab Ahlussunah wal Jama'ah adalah Madzhabnya para Sahabat yang langsung mengambil ilmu dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Siapa saja yang menyelisihi mereka, maka orang itu disebut mubtadi' (pelaku bid'ah) menurut Ahlussunah wal Jama'ah.  Ahlussunah wal Jama'ah seluruhnya sepakat bahwa kesepakatan para Sahabat adalah hujjah (argumentasi / dalil), dan mereka berbeda pendapat pada kesepakatan selain para shahabat."*


📘  Minhajus Sunnah, (2 / 482).


*  Para 'ulama dari keempat madzhab (Maliki, Hanafi, Syafi'i dan Hambali) menetapkan kaidah, bahwa Ijma' (kesepakatan) para Sahabat adalah Maksum (terbebas dari dosa), meskipun secara individu mereka tidak terbebas dari kesalahan, (pen blog).

➖➖➖

✒️قال شيخ الاسلام ابن تيمية الحرّاني رحمه الله تعالى:

"ومذهب أهل السنة والجماعة مذهب قديم معروف قبل أن يخلق الله أبا حنيفة ومالكا والشافعي وأحمد، فإنه مذهب الصحابة الذين تلقوه عن نبيهم، ومن خالف ذلك كان مبتدعا عند أهل السنة والجماعة، فإنهم متفقون على أن إجماع الصّحابة حجة ومتنازعون في إجماع من بعدهم."

📘منهاج السّنة: ٢ / ٤٨٢

oOo


Disalin dengan editan dari;

www.salafycirebon.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar