بسم
الله الر حمان الر حيم
Dalam Siyar A’lam An-Nubala’ kita dapat
menemukan kenyataan penting bahwa sebutan As-Salafi, juga Salafiyyun,
telah digunakan dengan akrab oleh penyusunnya, Muhammad bin Ahmad
Adz-Dzahabi. Hidup pada 673 – 748 H
atau sekitar 1301 – 1374 M, Adz-Dzahabi misalnya, menyebut Ya’qub bin
Sufyan Al-Fasawi sebagai seorang As-Salafi.
Al-Fasawi sendiri dikenal sebagai seorang Ahlul Hadits
yang hidup pada masa pemerintahan khalifah Harun Ar-Rasyid. Diantara murid-murid Al-Fasawi adalah Imam
At-Tirmidzi, Imam An-Nasa’i, Imam Ibnu Khuzaimah, Abu Bakar
bin Abi Daud As-Sijistani, dan Abu Awanah Al-Isfirayini.
Dalam Biografi Utsman bin Khurrazad Ath-Thabari, Adz-Dzahabi
kembali menyinggung kata As-Salafi atau Salafi. Mengomentari ucapan Utsman bin Khurrazad
Ath-Thabari, Adz-Dzahabi mengemukakan sejumlah syarat yang mesti dimiliki oleh
seorang penghapal hadits.
“Seorang penghapal hadits itu,” tulis Adz-Dzahabi,
“Mestilah seorang yang bertakwa, cerdas, pakar dalam Ilmu
Nahwu (Gramatika Bahasa Arab) dan Ilmu Bahasa, Jernih hati, Bersemangat selalu,
Seorang salafi, Sanggup menulis dengan tangannya sendiri 200 jilid Karya
Tulis, Telah menghasilkan 500 Karya Tulis yang menjadi Referensi, dan Tidak
putus asa dalam mencari Ilmu dengan keikhlasan serta kerendahan hati sampai
maut menjemput.”
Demikian pula ketika membicarakan Imam Ad-Daruquthni,
pemilik karya Sunan Ad-Daruquthni dan Al-‘Ilal,
Adz-Dzahabi menyebut kata salafi.
“Ad-Daruquthni,” tulisnya “adalah seorang yang tidak akan
pernah turut serta mempelajari Ilmu Kalam, tidak pula Ilmu Debat. Ia tidak pernah mendalami ilmu itu. Bahkan ia adalah seorang Salafi.”
Di jilid-jilid lain, Adz-Dzahabi kembali menyematkan sebutan
salafi ketika membicarakan Biografi Ibnu Shalah, Ahmad bin Isa
Al-Maqdisi, Imam Az-Zabidi dan Ibnu Hubairah.
Tentang Ibnu Shalah, Adz-Dzahabi menyebutnya “seorang salafi
yang baik akidahnya.” Tentang
Al-Maqdisi, Adz-Dzahabi memujinya dengan “seorang yang dapat dipercaya, kuat
hafalannya, pandai, seorang salafi.”
Menariknya, Imam Az-Zabidi dijuluki Adz-dzahabi sebagai seorang salafi
meski bermazhab Hanafi (Abu Hanifah).
Adapun Ibnu Hubairah, Adz-Dzahabi menjulukinya sebagai seorang Pakar
Bahasa Arab yang salafi.
Yang patut kita catat, ketika memaparkan Biografi Ahmad bin
Muhammad Al-Ashbahani atau lebih dikenal dengan Abu Thahir As-Silafi, Adz-Dzahabi
memberikan pengertian As-Salafi secara tegas. Bermula dari sebutan As-Silafi pada nama Abu
Thahir, Adz-Dzahabi menyinggung pula sebutan As-Salafi yang memiliki huruf
vokal sedikit berbeda dari As-Silafi.
Paparnya, “As-Salafi adalah siapa saja yang mengikut Mazhab
Salaf.”
Dari semua itu, kita dapat menyimpulkan bersama, fakta
paling kuat dan tidak terbantahkan adalah bahwa Adz-Dzahabi telah mengenal dan
bahkan menggunakan sebutan As-Salafi dalam karya besarnya, Al-Anshab. Karya ini merupakan ensiklopedi paling
lengkap sekaligus paling diakui yang memuat berbagai nama nisbah dalam bahasa
Arab waktu itu.
Pada entry “As-Salafi,” As-Sam’ani mengatakan, “As-Salafi dengan difathah
huruf sin dan lam serta diakhiri dengan huruf fa
adalah nama nisbah untuk Salaf dan penyandaran terhadap mazhab
mereka.” Keterangan As-Sam’ani ini
makin memperkuat kesimpulan sebelumnya; pada abad ke-6 Hijriyah saja sebutan As-Salafi
telah dikenal secara umum di tengah para penutur Bahasa Arab untuk menyebut
siapa saja yang mengikuti para Salaf dan menjalani cara beragama mereka.
Agar tidak menyesatkan, kesimpulan seperti itu tidak
mengharuskan kita untuk beranggapan, bahwa kaum Muslimin banyak yang mengikuti
cara beragama para Salaf.
Sebaliknya, kecuali pada masa para Sahabat Rasulullah, Tabi’in
dan Tabi’ut Tabi’in, sepanjang sejarah mereka yang mengikuti cara
beragama para Salaf justru sedikit.
Karena itu, dapat dimaklumi pula, jika kelompok Salafi yang ada
sekarang ini terbilang minoritas ditengah komunitas muslimin sedunia.
Sebagai penutup bagian ini,
berikut ini Daftar beberapa nama Imam dan ‘Ulama kaum Muslimin yang hidup
setelah masa Tabi’ut Tabi’in sampai Abad ke-20 Masehi kemarin. Para pemilik nama-nama ini, berikut karya (terkenal
mereka) masing-masing, sangat sering dijadikan Referensi dalam tulisan-tulisan,
khutbah-khutbah dan ceramah-ceramah kelompok Salafi sekarang.
Nama Imam / ‘Ulama
|
Masa Hidup
|
Karya Terkenal
|
Ahmad bin Hambal
|
164 – 241 H
|
Al-Musnad
Ushul As-Sunnah
|
Muhammad bin Ismail
Al-Bukhari
|
194 – 256 H
|
Shahih Al-Bukhari
Al-Adab Mufrad
|
Muslim bin Al-Hajjaj
Al-Naisaburi
|
204 – 261 H
|
Shahih Muslim
|
Abdullah bin Abdirrahman
Ad-Darimi
|
181 -255 H
|
Sunan Ad-Darimi
|
Abu Zur’ah Ar-Razi
|
200 -264 H
|
Al-Jarh wat Ta’dil Ibn Abu Hatim
|
Abu Hatim Ar-Razi
|
195 – 277 H
|
Al-Jarh wat
Ta’dil Ibn Abi Hatim
|
Baqi bin Makhlad
|
200 – 276 H
|
Al-Musnad
|
Abu Daud Sulaiman
bin Al-Asy’ats As-Sijistani
|
202 – 275 H
|
Sunan Abi Daud
|
Muhammad bin Isa
At-Tirmidzi
|
209 – 279 H
|
Jami’ At-Tirmidzi
Syamail Muhammadiyah
|
Muhammad bin Yazid
Ibnu Majah
|
209 – 273 H
|
Sunan Ibnu Majah
|
Ahmad bin Muhammad
At-Tahawi
|
239 – 321 H
|
Al-Aqidah Ath-Thahawiyah
Syarh Ma’ani Al-Atsar
|
Abu Muhammad Hasan bin Ali
Al-Barbahari
|
Wafat 328 H
|
Syarh As-Sunnah
|
Muhammad bin ‘Amr
Al-Uqaili
|
Wafat 322 H
|
Adh-Dhu’afa
|
Ahmad bin ‘Amr Ibnu Abi ‘Ashim
|
266 – 286 H
|
As-Sunnah
|
Abu Bakar Ahmad bin ‘Amr
Al-Bazzar
|
210 – 292 H
|
Musnad Al-Bazzar
|
Ahmad bin Syua’ib An-Nasa’i
|
215 – 303 H
|
Sunan An-Nasa’i
‘Isyrah An-Nisa’
|
Abu Ya’la Ahmad bin Ali
Al-Mushili
|
210 – 307 H
|
Musnad Abi Ya’la
|
Muhammad bin Yahya
Ibnu Mandah
|
220 -301 H
|
Kitab At-Tauhid
Kitab Al-Iman
|
Abdullah bin Ali Ibnul Jarud
An-Naisaburi
|
230 – 307 H
|
Al-Muntaqa li Ibn Al-Jarud
|
Muhammad bin Jarir
Ath-Thabari
|
224 – 310 H
|
Tafsir At-Thabari
Tarikh Ar-Rusul wal Muluk
|
Abu Bakar Ahmad
bin Muhammad Al-Khallal
|
234 – 321 H
|
As-Sunnah li Al-Khalal
|
Muhammad bin Ishaq
Ibnu Khuzaimah
|
223 – 311 H
|
Kitab At-Tauhid
Shahih Ibnu Khuzaimah
|
Abu ‘Awanah Ya’qub bin Ishaq
Al-Isfiraniy
|
230 – 316 H
|
Shahih Abi ‘Awanah
|
Al-Hasan bin AbdurRahman
Ar-Ramahurmudzi
|
Wafat 360 H
|
Al-Muhaddits Al-Fashil
|
Abu Hatim Muhammad
Ibnu Hibban Al-Busti
|
270an – 354 H
|
Shahih Ibnu Hibban
Ats-Tsiqat
Al-Majruhin
|
Abul Qasim Sulaiman
bin Ahmad Ath-Thabarani
|
260 – 360 H
|
Mu’jam Al-Kabir
Mu’jam Al-Awsath
Mu’jam Ash-Shaghir
|
Abu Bakar Muhammad
bin Husain Al-Ajurri
|
Wafat 360 H
|
Asy-Syari’ah
|
Abu Ahmad Abdullah
Ibnu ‘Adi
|
277 – 365 H
|
Al-Kamil
|
Ahmad bin Muhammad
Ibnu Sunni
|
280 – 364 H
|
‘Amal Al-Yaum wa Al-Lailah
|
Abdullah bin Muhammad
Abu Syaikh
|
280 – 364 H
|
Akhlaq An-Nabi wa Adabuhu
|
Abu Bakar Ahmad bin Ibrahim
Al-Isma’ili
|
277 – 371 H
|
I’tiqad Aimmah Al-Hadits
|
Abul Hasan Ali bin Umar
Ad-Daruquthni
|
300 – 385 H
|
Sunan Ad-Daruquthni
Al-‘Ilal
|
Ubaidullah bin Muhammad
Ibnu Baththah Al-Ukbari
|
304 – 387 H
|
Al-Ibanah Al-Kubra
|
Muhammad bin Abdillah
Al-Hakim
|
321 – 403 H
|
Al-Mustadrak
|
Abul Qasim Hibatullah
Bin Hasan Al-Lalika’i
|
Wafat 418 H
|
Syarh Ushul ‘Itiqad Ahl
As-Sunnah wal Jama’ah
|
Abu Utsman bin Isma’il bin Abd.
Ar-Rahman Ash-Shabuni
|
373 – 449 H
|
Aqidah Salaf Ashhabul Hadits
|
Ali bin Muhammad
Al-Mawardi
|
364 – 450 H
|
Ahkam Ash-Shulthaniyah
Adabud Dunya wad Din
|
Abu Ya’la Muhammad
Bin Husain Al-Farra’
|
380 – 458 H
|
Al-‘Uddah fi Ushul Al-Fiqh
Ahkamul Qur’an
|
Abu Umar Yusuf bin Abdillah
Ibnu Abdil Bar
|
368 – 463 H
|
At-Tamhid
Al-Isti’ab
Al-Kafi
|
Abu Bakar Ahmad bin Husain
Al-Baihaqi
|
384 – 458 H
|
Sunan Al-Kubra
Al-Asma’ wa Ash-Shifat
|
Abu Muhammad Ali
Bin Ahmad Ibnu Hazm
|
384 – 456 H
|
Al-Muhalla
Al-Ihkam fi Ushul Al-Ahkam
|
Abu Bakar Ahmad bin Ali
Al-Khatib Al-Baghdadi
|
392 – 463 H
|
Tarikh Baghdad
Jami’ li Akhlaq Ar-Rawi
Al-Kifayah fi Ilmi Ar-Riwayah
|
Al-Husain bin Mas’ud
Al-Baghawi
|
442 – 516 H
|
Syarhus Sunnah
Tafsir Al-Baghawi
|
Abul Wafa’ Ali Ibnu A’Aqil
Al-Hanbali
|
431 – 513 H
|
Umdatul Adillah
|
Abu Bakar Muhammad Qur’an
Bin Abdillah Ibnul Arabi
(bukan Ibnu Arabi, Sufi Andalusia)
|
468 – 543 H
|
Ahkamul Qur’an
|
Qadhi ‘Iyadh bin Musa
Al-Busti
|
476 – 504 H
|
Al-Ikmal fi Syarh Shahih Muslim
|
Abdul Qadir bin Abdillah
Al-Jailani Al-Hanbali
|
471 – 561 H
|
Al-Ghuniyah
|
Ali bin Hasan Ibnu ‘Asakir
|
499 – 571 H
|
Tarikh Ad-Dimasyqi
|
Abul Faraj Abdurrahman
Bin Ali Ibnul Jauzi At-Taimi
|
510 – 597 H
|
Talbis Iblis
|
Abdul Ghani bin Abdil Wahid
Al-Maqdisi
|
541 – 600 H
|
Umdatul Ahkam
Al-Kamal
|
Al-Mubarak bin Muhammad
Ibnul Atsir
|
544 – 606 H
|
An-Nihayah fi Gharibil Hadits
|
Abdullah bin Muhammad
Ibnu Qudamah Al-Maqdisi
|
541 – 620 H
|
Al-Mughni
Kitab At-Tawwabin
|
Muhammad bin Abdul Wahid
Al-Maqdisi Adh-Dhiya’
|
569 – 643 H
|
Al-Hadits Al-Mukhtarah
(Al-Mukhtar)
|
Abu Amr Utsman bin Abdil
Rahman Ibnu Shalah
|
577 – 643 H
|
Ulumul Hadits
|
Yahya bin Syaraf An-Nawawi
|
631 – 672 H
|
Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim
Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab
|
Ahmad bin Abdil Halim
Ibnu Taimiyah Syaikhul Islam
|
661 – 726 H
|
Minhajus Sunnah
Iqtidha’ Shiratil Mustaqim
|
Muhammad bin Abi Bakar
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
|
691 – 751 H
|
Zadul Ma’ad
Ash-Shawaiqul Mursalah
|
Isma’il bin Umar Ibnu Katsir
|
700 – 774 H
|
Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim
Al-Bidayah wan Nihayah
|
Abdurrahman bin Ahmad
Ibnu Rajab
|
736 – 795 H
|
Dzail Thabaqat Al-Hanabilah
Jami’ Ulum wal Hikam
|
Umar bin Ali Ibnul Mulaqqin
|
723 – 804 H
|
Al-‘Ilam bi Fawaid
Umdatul Ahkam
|
Ahmad bin Ali Ibnu Hajar
Al-Asqalani
|
773 – 852 H
|
Fathul Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari
Bulughul Maram
|
Muhammad bin Abdirrahman
As-Sakhawi
|
831 – 902 H
|
Syarh Alfiyah Al-Iraqi
Adh-Dhaw-ul Lami’
|
Abdurrahman bin Abu Bakar
As-Suyuthi
|
849 – 911 H
|
Al-Jami’ Ash-Shaghir
Tadrib Ar-Rawi
|
Abul Barakat Muhammad
bin Muhammad Al-Ghazi
|
904 – 984 H
|
Adabul ‘Isyrah
Al-Mirah fil Mizah
|
Ahmad bin Muhammad Ibnu
Hajar Al-Haitsami Al-Makki
|
909 -984 H
|
Shawaiq Tuhfatul Muhtaj fi Syarh ul Muhriqah
Al-Minhaj
|
Muhammad Abdur Rauf
Al-Munawi
|
952 – 1031 H
|
Faidul Qadir Syarh Al-Jami’
As-Shaghir
|
Muhammad bin Abdil Baqi
Az-Zarqani
|
1055 – 1122 H
|
Syarh Al-Mawahib Ad-Diniyah
|
Muhammad bin Ismail
Ash-Shan’ani
|
1099 – 1182 H
|
Subulus Salam Syarh
Bulughul Maram
|
Muhammad bin Abdil
Wahhab At-Tamimi
|
1115 – 1206 H
|
Kitabut Tauhid
Tsalatsatul Ushul
|
Muhammad bin Ali Asy-Syaukani
|
1173 – 1250 H
|
Fathul Qadir
Nailul Awthar
|
Abdurrahman bin Hasan Alu Syaikh
|
1193 – 1285 H
|
Fathul Majid
|
Shiddiq Hasan Khan
|
1248 – 1307 H
|
Ar-Rawdhah An-Nadhiyyah
fi Syarh Ad-Durar Asy-Syaukani
|
Abdul Hayyi Al-Luknawi
|
1264 – 1304 H
|
An_Nafi’ul Kabir li Iman Yuthali’u
Al-Jami’ Ash-Shaghir
|
Abdurrahman bin Nashir
As-Sa’di
|
1307 – 1376 H
|
Taysirul Karimir Rahman
fi Tafsir Kalam Al-Mannan
|
Muhammad Amin Al-Mukhtar
Asy-Syinqithi
|
1325 – 1393 H
|
Adhwaul Bayan fi Idahil Qur’an
bil Qur’an
|
Abdul Aziz bin Abdillah Ibn Baz
|
1330 – 1420 H
|
Ad-Durus Al-Muhimmah
li ‘Ammatil ‘Ummah
|
Muhammad Nashiruddin
Al-Albani
|
1333 – 1420 H
|
Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah
Shifat Shalah An-Nabi
|
Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
|
1347 – 1421 H
|
Syarhul Mumti’ ‘ala Zadul Mustaqni’
|
Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i
Al-Yamani
|
1352 – 1422 H
|
Al-Jami’ Ash-Shahih mimma
Laisa fi Ash-Shahihain
|
oOo
(Disalin dari kitab “Sejarah Salafi di Indonesia”,
Abu Mujahid, Toobagus Publishing, 2012)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar