Senin, 29 April 2024

AMALAN YANG PALING ALLAH CINTAI

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَأَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ، أَوْ تَكْشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً، أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْناً، أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوْعًا وَ لَأَنْ أَمْشِيْ مَعَ أَخٍ فِي حَاجَةٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا المَسْجِدِ ، ( يَعْنِي مَسْجِدُ النَبَوِي ) شَهْرًا


"Amalan yang paling dicintai Allah adalah kegembiraan yang engkau masukkan kepada seorang muslim, atau engkau menjauhkan kesusahan darinya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau menghilangkan rasa laparnya.

Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk suatu keperluan lebih aku cintai daripada beri’ktikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan.”

(HR. Thabrani di dalam Al-Mu’jam Al-Ausath, no. 6026 dan dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah : 906).


Faidah hadits :

1. Bahwasannya amalan yang paling Allah cintai adalah memberikan rasa gembira kedalam hati seorang muslim, bisa dengan menanyakan kabar saudaranya, mengunjungi saudaranya, memberikan hadiah kepada saudaranya dan selain dari hal tersebut yang bisa memberikan kebahagiaan kepada seorang muslim

2. Bahwasannya menjauhkan kesusahan dari seorang muslim juga adalah amalan yang paling Allah cintai, 

3. Juga di antara amalan yang paling Allah cintai adalah membayarkan hutang seorang muslim yang tidak mampu untuk membayarnya.

4. Juga bahwasannya menghilangkan rasa lapar seorang muslim dengan memberikannya makanan adalah termasuk amalan yang paling Allah cintai.

5. Ucapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

"Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’ktikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan".

Adalah isyarat tentang keutamaan berjalan bersama kaum muslimin untuk menunaikan kebutuhan-kebutuhan mereka dan memudahkan halangan-halangan mereka sampai keutamaan ini melampaui beri'tikaf di masjid Nabawi selama sebulan, sehingga ini menunjukkan besarnya keutamaan menunaikan kebutuhan-kebutuhan kaum muslimin.

oOo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar