Selasa, 11 April 2023

SELEKTIF MENGAMBIL ILMU AGAMA

 


بسم الله الرحمان الرحيم

🥦  Berkata Al-Imam Al-Auza'i rahimahullah,

"Ketahuilah bahwa sesungguhnya ilmu ini adalah agama, maka perhatikanlah apa yang kalian lakukan, dari siapa kalian mengambil ilmu, dan siapa yang kalian tauladani.  Perhatikan pula kepada siapa kalian mengamanahkan Agama kalian.  Karena para pengusung kebid'ahan mereka semuanya adalah pembela kebatilan, para pendusta, dan pendosa."*


📄 [Tarikh Dimasyq, 6/362]

❏ قال الإمام الأوزاعي ـ رحمه الله ـ :
«واعلموا أن هذا العلم دين، فانظروا ما تصنعون، وعمن تأخذون، وبمن تقتدون، ومن على دينكم تأمنون، فإن أهل البدع كلهم: مبطلون، أفّاكون، آثمون».

📚[ تاريخ دمشق (٦/٣٦٢) ]


* Pilihlah 1 (satu) golongan yang selamat, karena Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam telah menjamin hal tersebut lewat sabda Beliau (yang artinya);

“Ketahuilah!  Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari kalangan ahlul kitab berpecah belah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, dan umatku akan berpecah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan. Tujuh puluh dua golongan masuk Neraka, dan 1 (satu) golongan masuk Surga, yaitu Al-Jama’ah.” (HR. Abu Dawud no. 4597, dinilai hasan oleh Syaikh Al-Albani)

Al-Jama'ah yang dimaksud adalah, orang yang mengambil (merujuk) pemahaman Agamanya kepada para Sahabat Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam. (pen blog).

oOo

Disalin dengan editan dari;

 https://telegram.me/ManhajulAnbiya
💻 Situs Resmi https://www.manhajul-anbiya.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar