Minggu, 09 April 2023

TIDAK SEMUA ORANG PANTAS BERDAKWAH

 


بسم الله الرحمن الرحيم

🍃 Asy-Syaikh, Al-'Allamah Shalih Al-Fauzan hafizhahullah berkata,

🌴 "Berdakwah ke Jalan Allah, menegakkan Amar Ma'ruf, dan tanashuh (saling menasehati) di antara kaum muslimin adalah perkara yang dituntut (dalam agama).

✅  Namun tidak semua orang pantas melaksanakan tugas-tugas tersebut.
Tidaklah bisa melaksanakan perkara-perkara tersebut, kecuali orang yang berilmu dan berpandangan yang matang. Karena itu merupakan perkara yang berat dan penting. Tidaklah melaksanakannya kecuali orang yang memang ahlinya di bidang tersebut.


⭕  Termasuk musibah pada hari-hari ini adalah, bahwa pintu dakwah menjadi pintu yang luas sehingga semua bisa masuk ke dalamnya, dan mengatasnamakan dirinya dengan nama dakwah.  Padahal bisa jadi dia seorang yang jahil (bodoh terhadap kebenaran), tidak pantas berdakwah.  Sehingga dia pun lebih banyak merusak daripada memperbaiki.  Atau seorang yang emosional, bertindak dengan terburu-buru dan sembrono.  Sehingga muncullah dari perbuatannya berbagai kejelekan lebih banyak daripada yang dia benahi dan apa yang hendak dia perbaiki."


📒 Al-Muntaqa min Fatwa Asy-Syaikh Al-Fauzan, pertanyaan 186


قال الشيخ العلامة صالح الفوزان حفظه الله ورعاه:

○ الدَّعوة إلى الله والأمر بالمعروف والتَّناصح بين المسلمين؛ هذا أمر مطلوب، ولكن ما كلُّ أحد يُحسنُ أن يقوم بهذه الوظائف، هذه الأمور لا يقوم بها إلا أهل العلم وأهل الرَّأي النَّاضج؛ لأنها أمور ثقيلة مهمَّةٌ، لا يقوم بها إلا من هو مؤهَّلٌ للقيام بها،

ومن المصي
بة اليوم أنَّ باب الدّعوة صار بابًا واسعًا، كلٌّ يدخل منه،

ويتسمَّى
بالدَّعوة، وقد يكون جاهلاً لا يُحسِنُ الدَّعوة، فيفسد أكثر ممَّا يصلح، وقد يكون متحمِّسًا يأخذ الأمور بالعجلة والطَّيش، فيتولَّدُ عن فعله من الشُّرور أكثر ممّا عالج وما قصد إصلاحه.


📒 [ المن
تقى من فتاوى الشيخ الفوزان؛ س ١٨٦ ]

oOo

Disalin dengan editan dari;

🌠📝📡 Majmu'ah Manhajul Anbiya
📟▶ Join Telegram https://telegram.me/ManhajulAnbiya
💻 Situs Resmi https://www.manhajul-anbiya.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar