Minggu, 04 Agustus 2024

KLARIFIKASI ISTILAH WAHABI

 

بسم الله الرحمن الرحيم 

Istilah WAHABI bagi orang awam (yang tidak memahami syariat Islam dengan benar) seringkali dipukul rata.

Padahal rentang waktu antara Wahabi yang dimaksud dengan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab ('ulama besar Ahlussunnah) terpaut jauh (nyaris 1000 tahun).

Berikut sekelumit data tentang Wahabi yang sesungguhnya dengan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab ('Ulama besar Ahlus Sunnah wal Jama'ah) yang terfitnah dengannya.


WAHABI YANG DIMAKSUD;

Nama;  Abdul Wahhab bin Rustum.

Wafat;  Thn 211 H.

Aqidah;  Khawarij (sempalan Islam).

Kelompok radikal yang sangat membenci Ahlussunah.  Memberontak terhadap penguasa.  Mengkafirkan kaum muslimin.  Sangat jauh dari ajaran syari'at Islam yang benar (lurus).

Pengikutnya bisa disebut sebagai WAHABI.

-----------------------------------------------

YANG TERFITNAH;

Nama;  Asy-Syaikh Muhammad bin  Abdul Wahhab.

Wafat / Hidup;  Antara Thn 1115 - 1206 H.

Aqidah;  Ahlussunah.

Beliau tidak pernah menamakan diri dan pengikutnya dengan istilah Wahabi.  Ajarannya sesuai dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para Sahabat, bersih dari Syirik, Bid'ah, Khurafat (Tahayul) dan berbagai penyimpangan lainnya.

Semoga sedikit informasi ini bisa meluruskan pemahaman orang-orang yang biasa menuduh secara serampangan, terutama yang mengaku sebagai Ahlussunah, tidak lengkap pengakuannya bila tidak mengenal beliau rahimahullah.

(Baca artikel, MASALAH KEIMANAN BUKAN MASALAH SELERA, dan KELOMPOK-KELOMPOK SEMPALAN PERTAMA, serta RAJA ABDUL AZIS BIN ABDURRAHMAN AALU SU'UD MEMBANTAH FITNAH WAHABI)

oOo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar