Sabtu, 27 Juli 2024

BERGELIMANG KEMEWAHAN DAPAT MEMBINASAKAN MANUSIA

 

بسم الله الرحمن الرحيم 

Berkata Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah;

“Maka sesungguhnya, manusia setiap kali bertambah dalam kemewahan, setiap kali dibukakan pada mereka dunia, maka akan (bertambah) terbukalah pintu-pintu kejelekan bagi mereka.

Karena sesungguhnya, kemewahan itulah yang telah menghancurkan orang-orang (terdahulu).

Karena seorang insan itu, apabila senantiasa memperhatikan kemewahan dan kenikmatan badannya, dia akan lalai (lupaterhadap kenikmatan batinnya.

Sehingga cita-citanya hanya bernikmat-nikmat dalam urusan jasad, padahal kesudahannya hanya akan dimakan oleh cacing-cacing tanah, menjadi busuk.

Maka inilah sebuah bencana, ini adalah perkara yang memudharatkan manusia pada hari ini.  Tidaklah engkau dapati seseorang, kecuali dia berkata, 'Bagaimana istana kita? bagaimana mobil mewah kita? bagaimana tempat tidur kita? bagaimana menu makanan kita?'

Sampai-sampai pun kondisi mereka yang membaca dan mempelajari ilmu agama, sebagian dari mereka belajar karena ingin meraih martabat untuk meraih kenikmatan dunia."*


📑  Syarah Riyadh Ash-Shalihin, 2/36-37


*  Dalam sebuah hadits shahih riwayat Abu Daud disebutkan;

"Barangsiapa belajar Agama yang seharusnya ditujukan untuk mencari Wajah Allah Ta'ala, tetapi dia tidak mencarinya melainkan untuk mendapat keuntungan dunia, maka ia tidak akan mencium wanginya Surga pada Hari Kiamat kelak."

(Shahih At-Targhib, no. 105),

(pen blog)

oOo

Disalin dengan editan dari;

http://telegram.me/ahlussunnahposo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar