· Semua Asma Allah berasal dari Asma Al-Ilaah yang
menghimpun seluruh Nama-Nama Allah ‘Azza
wa Jalla. Suatu kalimat biasanya dianggap sempurna bila ada Subjek (pelaku) dan kata kerja. Akan tetapi dalam hal ini berbeda;
· Fi’il
(perbuatan / kata kerja) dan Fa’il (Subjek, pelaku
perbuatan) pada kalimat Bismillah
tersembunyi (diakhirkan, tidak dipentingkan), disesuaikan dengan aktivitas (kondisi) yang hendak dilakukan. Misalnya, bila anda membacanya sebelum makan, maka asumsinya adalah, "Bismillah (aku makan)," tanpa perlu menyebutkan aktivitas (fi'il) / perbuatan yang hendak dilakukan, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala pasti telah mengetahuinya meskipun seseorang tidak meyebutkan (melafazkan) pekerjaan yang hendak dia lakukan. Demikian seterusnya untuk aktivitas-aktivitas yang lain.
Keadaan ini, diterangkan oleh para 'ulama memiliki 2 (dua) tujuan (fungsi);
Keadaan ini, diterangkan oleh para 'ulama memiliki 2 (dua) tujuan (fungsi);
1. Fungsi Pembatasan;
Karena mendahulukan objek (inti perkara / Allah) yang berfungsi sebagai pembatas, maka ucapan, "Bismillah," berarti memiliki makna, "Tidaklah aku makan - kecuali dengan Bismillah (menyebut Nama Allah)." Dengan ini pula kita mengetahui bathilnya pendapat orang yang mengatakan bahwa niat melakukan suatu amal (seperti Shalat dan lain-lain) harus dilafazkan dengan kata-kata, karena disamping hal tersebut tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para Sahabat. Juga seakan-akan pelakunya mengganggap Allah 'Azza wa Jalla belum mengetahui perbuatan yang hendak dilakukan seorang hamba bila tidak dilafazkan. Padahal yang menjadi penilaian utama Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah apa yang terdapat di dalam hati, bukan apa yang dilafazkan lisan (Baca artikel, TEMPAT NIAT DI HATI BUKAN DI LISAN). Dan, seandainya seorang hamba itu berdusta, melakukan suatu perbuatan yang yang tidak dia niatkanpun Allah Subhanahu wa Ta'ala pasti mengetahuinya.
Karena mendahulukan objek (inti perkara / Allah) yang berfungsi sebagai pembatas, maka ucapan, "Bismillah," berarti memiliki makna, "Tidaklah aku makan - kecuali dengan Bismillah (menyebut Nama Allah)." Dengan ini pula kita mengetahui bathilnya pendapat orang yang mengatakan bahwa niat melakukan suatu amal (seperti Shalat dan lain-lain) harus dilafazkan dengan kata-kata, karena disamping hal tersebut tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para Sahabat. Juga seakan-akan pelakunya mengganggap Allah 'Azza wa Jalla belum mengetahui perbuatan yang hendak dilakukan seorang hamba bila tidak dilafazkan. Padahal yang menjadi penilaian utama Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah apa yang terdapat di dalam hati, bukan apa yang dilafazkan lisan (Baca artikel, TEMPAT NIAT DI HATI BUKAN DI LISAN). Dan, seandainya seorang hamba itu berdusta, melakukan suatu perbuatan yang yang tidak dia niatkanpun Allah Subhanahu wa Ta'ala pasti mengetahuinya.
2. Fungsi Memohon Pertolongan dan Keberkahan;
Dengan memprioritaskan lafaz Allah daripada menyebut perbuatan dan pelaku perbuatan, bertujuan untuk memohon pertolongan dan berkah (bertabarruk) dengan seluruh Nama-Nama yang Allah Subhanahu wa Ta'ala miliki.
· Sebab Asma
Allah (Nama-Nama Allah) jumlahnya tidak terhingga, tidak bisa dibatasi dengan bilangan, adanya
sepenuh langit dan bumi, sepenuh Arsy-Nya serta sepenuh apa-apa yang dikehendaki-Nya. Adapun 99 Nama Allah yang sering dihafal manusia hanyalah Nama-nama yang tercantum dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah, sedangkan yang tidak diberitahukan Allah Subhanahu wa Ta'ala jumlahnya jauh lebih banyak (unlimited). (Baca artikel, NILAI SEBUAH KEBENARAN, dan KEIKHLASAN ITU TIDAK BERDASARKAN AKAL-AKAL MANUSIA)
· Masing-masing Asma Allah berada pada puncak
kesempurnaan-Nya, tanpa kelemahan atau cacat sedikitpun, walau sebesar dzarrah.
· Jadi, bila seorang muslim mengucapkan “Bismillah” sebelum melakukan suatu aktivitas (amalan) yang baik, berarti dia telah meniatkan amalannya hanya karena Allah semata, sekaligus memohon pertolongan dan berkah kepada seluruh Nama-Nama-Nya tanpa terkecuali.
Dan jangan lupa, bahwa seluruh alam ini, termasuk seluruh anggota tubuhnya sendiri akan menjadi saksi perbuatan yang dilakukan seorang hamba. Laa haula walaa quwwata illa billah.
Betapa dahsyatnya ucapan “Bismillah”.oOo
(Disarikan dari kajian Al-Ustadz Abu Hafsin hafizhahullah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar