Jumat, 18 September 2020

ALLAH MEMILIKI DUA TANGAN

 


بسم الله الرحمان الرحيم

Di antara Sifat-Sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala, adalah memiliki 2 (Dua) Tangan secara hakiki, bukan majas (kiasan), dengan segala kemuliaan, keagungan, dan ketinggian sifat-Nya, yang tidak sedikitpun menyerupai tangan makhluk.

Orang-orang yang menyimpang Manhaj-nya, mentakwil (mengubah) kata "Tangan" ini dengan "Kekuasaan".


Allah ‘Azza wa Jalla memiliki Dua Tangan.  Hal ini berdasarkan firman Allah ‘Azza wa Jalla,

بَلۡ يَدَاهُ مَبۡسُوطَتَانِ يُنفِقُ كَيۡفَ يَشَآءُۚ

“(Tidak demikian), tetapi Kedua Tangan Allah terbuka; Dia menafkahkan sebagaimana Dia kehendaki.” (Al-Maidah: 64)

قَالَ يَٰٓإِبۡلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَن تَسۡجُدَ لِمَا خَلَقۡتُ بِيَدَيَّۖ أَسۡتَكۡبَرۡتَ أَمۡ كُنتَ مِنَ ٱلۡعَالِينَ ٧٥

Allah berfirman, “Hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada (Adam), yang telah Ku-ciptakan dengan Kedua Tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?”  (Shad: 75)

💡Dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَطْوِى اللهُ السَّمَوَاتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثُمَّ يَأْخُذُهُنَّ بِيَدِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ يَقُولُ: أَنَا الْمَلِكُ، أَيْنَ الْجَبَّارُونَ؟ أَيْنَ الْمُتَكَبِّرُونَ؟ ثُمَّ يَطْوِى الْأَرَضِينَ ثُمَّ يَأْخُذُهُنَّ–قَالَ ابْنُ الْعَلاَءِ: بِيَدِهِ الْأُخْرَى–ثُمَّ يَقُولُ: أَنَا الْمَلِكُ، أَيْنَ الْجَبَّارُونَ؟ أَيْنَ الْمُتَكَبِّرُونَ؟

Allah ‘Azza wa Jalla melipat langit-langit pada hari kiamat lalu mengambilnya dengan Tangan kanan-Nya seraya berkata, “Akulah Sang Raja, di manakah para diktator? Di manakah orang-orang yang sombong?”

Lalu Allah ‘Azza wa Jalla melipat bumi-bumi kemudian mengambilnya.  Ibnul ‘Ala`, salah seorang perawi hadits mengatakan: dengan Tangan-Nya yang lain).  Allah berkata, “Akulah Sang Raja, di manakah para diktator? Di manakah orang-orang yang sombong?” (HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah)

📝 Ibnu Khuzaimah rahimahullah menuliskan dalam Kitab At-Tauhid, bahwa Allah ‘Azza wa Jalla memiliki Dua Tangan yang terbentang dan berinfak sekehendak-Nya. Dengan Kedua Tangan-Nya, Allah ‘Azza wa Jalla menciptakan Adam.

Kedua Tangan tersebut adalah tangan hakiki yang tidak sama dengan tangan makhluk-Nya. Mahasuci Allah dari menyerupai makhluk-Nya. 

✅ Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

لَيۡسَ كَمِثۡلِهِۦ شَيۡءٞۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ ١١

Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy-Syura: 11)


oOo


Disadur dari Salafy Online

🌏 https://asysyariah.com/dua-tangan-allah/

@asysyariah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar