Jumat, 24 Desember 2021

HUKUM MENERIMA PEMBERIAN DARI PENGHASILAN YANG HARAM

 


بسم الله الرحمان الرحيم

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ditanya;

Pertanyaan :

Semoga Allah berlaku ihsan kepada anda, seorang wanita berinisial ب أ س bertanya:  Ada makanan yang dihadiahkan kepada kita dari hasil yang haram, dari uang riba, maka kami kembalikan kepada pemiliknya.  Lalu dia serahkan kembali kepada kami, maka kamipun jadi malu, sehingga kamipun mengambilnya.  Apakah kami bisa memberikannya kepada fuqara (orang-orang miskin), ataukah kita boleh memakannya?


Jawaban :

Kalian boleh memakannya. Subhaanalah, bagaimana bisa ada pertanyaan ini?  Kalian tidak mau memakannya dalam keadaan kalian akan memberikan kepada fuqara.

Yang jelas, siapa saja yang hartanya ada keharaman, jika sebagiannya dihadiahkan kepada seseorang, maka tidak mengapa (kita) menerima hadiahnya.  Tidak mengapa.

Dengan dalil, dahulu Nabi ﷺ menerima hadiah dari orang-orang Yahudi.  Dan orang Yahudi kebanyakan mereka memakan riba dan perkara yang haram.  Beliau tidak mengembalikannya, dan tidak (pula) menanyakan rinciannya.

Sebagaimana Beliau juga berjual beli dengan orang-orang Yahudi.  Dan, Beliau ﷺ meninggal dunia dalam keadaan baju besinya tergadaikan untuk membeli makanan bagi keluarga Beliau - Digadaikan kepada seorang Yahudi.

Dan ambillah kaedah berikut ini :

Setiap seorang yang berpenghasilan haram, maka sesungguhnya itu haram untuk dirinya saja.  Adapun orang lain, jika dia mengambilnya dengan cara yang syar’i (dikasih, tidak mencuri), maka tidak haram atas mereka.

Selama kita tidak mengetahui, bahwa barang ini adalah milik orang tertentu, sehingga kita tidak boleh mengambilnya.

Misalnya ada seorang pencuri menghadiahi kita barang yang dia curi, dalam keadaan kita mengetahui kalau dia yang mencurinya, maka dalam hal ini kita tidak boleh mengambilnya.  Karena barang itu diharamkan karena benda itu sendiri (barang curian).

Ini adalah kaidah, yang mana jika seorang mengetahui (mengilmuinya), maka akan hilanglah berbagai kebingungan (keraguan), dan akan mudah perkaranya.  Na'am.


📑  Fatawa Nur ala Ad-Darbi, kaset no 368


حكم قبول هدية من ماله من الربا

السؤال:

أحسن الله إليكم. تقول هذه السائلة: التي رمزت لاسمها بـ أ. س.، أهدي إلينا طعام من مال حرام، مال ربا فرددناه إلى صاحبه، فرده إلينا فاستحيينا وأخذناه، فهل نعطيه للفقراء أم يجوز لنا أن نأكله؟


الجواب:

يجوز لكم أن تأكلوه، وسبحان الله كيف يرد هذا السؤال، لا تأكلونه وتعطونه الفقراء! المهم أن من في ماله حرام إذا أهدى إلى أحدٍ شيئاً فقبول الهدية لا بأس، بها لا بأس بها؛ بدليل أن الرسول صلى الله عليه وعلى آله وسلم قبل الهدية من اليهود، واليهود عامتهم يأكلون الربا والسحت ولم يردها النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم ولم يستفصل، كما أنه صلى الله عليه وعلى آله سلم بايع اليهود، فقد مات صلى الله عليه وعلى آله وسلم ودرعه مرهونة بطعامٍ اشتراه لأهله مرهونة عند يهودي، وهذه خذها قاعدة: كل من اكتسب مالاً محرماً فإنه حرامٌ عليه وحده، أما على الآخرين إذا أخذوه بطريقٍ مشروع فليس حرامٌ عليهم، ما لم نعلم أن هذا مال شخصٌ معين فإننا لا نأخذه، مثل أن يهدي إلينا السارق ما سرقه ونحن نعلم أنه سرقه، فهذا لا يجوز لنا قبوله؛ لأنه محرمٌ لعينه. وهذه قاعدة إذا علمها الإنسان زالت عنه الإشكالات وتيسرت له الأمور. نعم.

فتاوى نور على الدرب الشريط رقم [368]

oOo


Disalin dengan editan dari;

🖇  Sumber Artikel:

http://telegram.me/ahlussunnahposo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar