Minggu, 08 September 2024

NASIHAT DARI PEMBAWA BENDERA JARH WA TA'DIL DI ZAMAN INI

 

بسم الله الرحمن الرحيم 

Ilmu Jarh wa Ta'dil (Kritikan dan Pujian) adalah ilmu yang hanya dikuasai oleh segelintir 'ulama di setiap zaman.  Karena disamping memiliki tingkat kesulitan dan kepelikan yang tinggi, juga harus menguasai berbagai disiplin ilmu pokok maupun cabang-cabang ilmu yang bersentuhan dengan syariat Islam, seperti Al-Qur'an, Al-Hadits, Fiqh Islam, Bahasa Arab, ilmu Balaghah dan ilmu 'Arudl (cabang-cabang ilmu bahasa Arab), dan lain sebagainya.

Juga harus mendapat persetujuan (rekomendasi) dari para 'ulama Ahlus Sunnah seluruh dunia.

Ilmu inilah yang akan mengokohkan dan mengembalikan syariat Islam pada kemurniannya - kembali pada ilmu (pemahaman terbaik) yang dulu diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada para Sahabat Beliau.

(Baca artikel / audio, PANDANGAN PARA 'ULAMA KIBAR (SENIOR) TERHADAP ASY-SYAIKH RABI' BIN HADI AL-MADKHALY)


🎙 Asy-syaikh, Al-Allamah, Al-Imam, Al-Muhaddits, Prof. Dr. Rabi' Ibnu Hadi Al-Madkhali hafidzahullah;

📃  Sesungguhnya aku  berwasiat pada kalian agar bertakwa kepada Allah, mengikhlaskan ucapan dan perbuatan kepada Allah, berpegang teguh dengan Al-Kitab dan As-sunnah serta berpegang teguh dengan akhlak yang tinggi dalam berdakwah kepada Allah, seperti Jujur, Sabar, Tawadhu (rendah hati), Berlemah-lembut.

Karena sesungguhnya Allah itu Maha lembut menyukai kelembutan dalam setiap perkara.  Demikian pula berhias dengan hikmah dan ilmu.

Akhlak-akhlak yang tinggi ini akan menjadikan manusia menerima dan menghargai dakwah kalian. 

Kemudian aku wasiatkan pada kalian untuk saling bersaudara karena Allah, saling menghubungi dan berkunjung karena Allah.  Karena yang demikian ini akan mengokohkan pondasi persaudaraan diantara kalian.*

Dan aku peringatkan kalian dari pertikaian dan perselisihan serta sebab-sebabnya, karena yang demikian itu akan menggembirakan syaithan-syaithan dari kalangan manusia dan jin, dan akan melemahkan, serta menggagalkan dakwah kalian.

Diantara yang ingin aku peringatkan adalah: 

📮 Sebagian manusia mengaku-ngaku memiliki sekian banyak rekomendasi yang bersumber dariku terhadap mereka, 

🏷 Dan terkadang mereka menyebarkannya di tengah-tengah manusia dan aku sama sekali tidak mengingatnya

🔸 Yang merekomendasi seseorang hanyalah amalannya, 

🔸 Maka wajib bagi setiap muslim untuk merekomendasi dirinya dengan ilmu yang bermanfaat, amal shalih dan akhlak Islam yang tinggi. 

🔖 Semoga Allah memberikan hidayah Taufik kepada kalian, meluruskan langkah (dan ucapan) kalian, menyatukan hati-hati kalian


ttd.

✍ Saudara kalian di jalan Allah;

Rabi' Ibnu Hadi Umair Al-Madkhali.


*  Tidak sekedar bersatu (berkumpul) secara fisik (badan) belaka, sementara hati (roh / jiwa) kalian saling berjauhan (tercerai berai), tidak ada kepedulian satu sama lain.  Hidup bernafsi-nafsi.  Persatuan semacam ini hanyalah persatuan yang semu (rapuh), tidak akan bertahan lama, karena tidak ada keberkahan padanya, (pen blog)


oOo

Disalin dengan editan dari;

https://t.me/alfudhail


Tidak ada komentar:

Posting Komentar