Rabu, 11 November 2020

BERTEMAN DENGAN ORANG BAIK ADALAH NIKMAT ALLAH YANG BESAR

 


بسم الله الرحمان الرحيم

Berkata Syaikh Abdurrahmam bin Nashir As-Sa'dy rahimahullah,

"Diantara sebesar-besar nikmat yang Allah berikan kepada hamba yang mukmin, adalah dengan memudahkannya bergaul dengan orang-orang yang baik. Demikian pula di antara hukuman yang Allah berikan kepada hamba, adalah dengan memberikan ujian berupa teman-teman yang buruk.

Bergaul dengan orang-orang baik bisa mengantarkan seorang hamba kepada tempat yang sangat tinggi ('Iliyyin, pen). Sementara bergaul dengan orang yang jelek bisa mengantarkannya ke tempat yang paling rendah (Sijjin, pen).

Bergaul dengan orang baik akan memudahkannya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, adab (perangai) yang mulia, dan amal yang shalih. Sementara bergaul dengan orang yang buruk (Agamanya) akan menghalanginya dari mendapatkan perkara-perkara (terpuji) tersebut.

Allah Ta'ala berfirman :

﴿ وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَى يَدَيْهِ يَقُولُ يَالَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلًا * يَاوَيْلَتَى لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا * لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءَنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنْسَانِ خَذُولًا ﴾

"Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang dzalim menggigit dua jarinya, seraya berkata, "Wahai sekiranya dahulu aku berjalan bersama Rasul.  Sungguh celaka diriku! Andai dahulu aku tidak menjadikan fulan sebagai teman akrab. Sungguh dia telah menyesatkan diriku dari peringatan, setelah (peringatan itu) datang. Dan sungguh, Syaithan itu suka mengkhianati manusia." [QS. Al Furqan 27-29]

(Bahjatu Qulubil Abrar wa Qurratu 'Uyunil Akhyar fi Syarhi Jawami'il Akhbar, hal 189)

oOo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar