Jumat, 20 November 2020

SUKA BERDEBAT MENGHALANGI BERKAH ILMU

 


بسم الله الرحمان الرحيم

✍🏻 Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata,

ما من إنسان في الغالب أعطي الجدل إلا حرم بركة العلم ؛ لأن غالب من أوتي الجدل يريد بذلك نصرة قوله فقط ، وبذلك يحرم بركة العلم 

Tidaklah mayoritas keadaan orang yang diberi ilmu jidal (perdebatan) itu, kecuali telah diharamkan dari berkah ilmu. Sebab, mayoritas orang yang diberi ilmu jidal (perdebatan), dengan itu ia hanya ingin membela pendapatnya saja (bukan untuk mencari kebenaran, pen blog).  Dengan demikian, (akhirnya) ia diharamkan dari berkah ilmu.

أما من أراد الحق ؛ فإن الحق سهل قريب ، لا يحتاج إلى مجادلات كبيرة ؛ لأنه واضح

Adapun seorang yang menginginkan al-haq (kebenaran), maka sungguh kebenaran itu mudah dan dekat. (Kebenaran) tidak membutuhkan perdebatan-perdebatan yang panjang karena kebenaran itu perkaranya jelas.  

ولذلك تجد أهل البدع الذين يخاصمون في بدعهم علومهم ناقصة البركة لا خير فيها ، وتجد أنهم يخاصمون ويجادلون وينتهون إلى لا شيء, لا ينتهون إلى الحق

Oleh karena itu, engkau akan mendapati ahli bid'ah yang berbantah-bantahan tentang bid'ah mereka, ilmu-ilmu mereka kurang berkah dan tidak ada kebaikan padanya. Engkau akan dapati mereka berbantah-bantahan, berdebat, dan berakhir pada sesuatu yang tidak ada hasilnya. Mereka tidaklah berakhir pada kebenaran.


📚 Tafsir Surat al-Baqarah, Juz 2, hal. 444

oOo

Disalin dengan editan dari tulisan;  PENGHALANG BERKAH ILMU

@ForumSalafy

#ilmu

🌎 simpellink.com/salafyonline



Tidak ada komentar:

Posting Komentar