Rabu, 15 Juli 2020

UJIAN TERDAHSYAT


بسم الله الرحمان الرحيم

Ujian terdahsyat yang dialami setiap insan adalah tatkala menghadapi Sakaratul Maut.  Di situlah "Babak Penentuan" baik atau buruknya akhir hayat seseorang, sekaligus Ujian Akhir dari keimanan dan keyakinannya.

✍🏻 Berkata Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah,

💥“Dan insan - kita memohon keselamatan - kadang tersamar baginya antara kebenaran dengan kebatilan ketika datang kematian (Sakaratul Maut).

Sampai datang (riwayat) menyebut bahwa sebagian manusia akan dipampangkan ke hadapannya berbagai agama ketika datang ajalnya;  Islam, Yahudi, Nashrani.  Dan Syaithan akan datang menyamar sebagai ayahnya, lalu mengajak kepada agama Yahudi atau Nashrani.

Padahal seseorang pada detik-detik itu tidak memiliki akal yang sempurna, kecuali orang yang Allah ‘Azza wa Jalla karuniai kekokohan (iman).* 
Sehingga, boleh jadi seseorang pada waktu itu memilih (menjadi) seorang Yahudi atau Nashrani - kita memohon perlindungan kepada Allah.


☝🏻Namun, hal ini tidak berlaku umum (pada setiap orang), sebagaimana disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.** 

Bahkan perkara tersebut –wallahua’lam- terjadi pada seseorang yang di hatinya terdapat keraguan atau kebimbangan (terhadap kebenaran hukum-hukum Islam / Al-Qur'an dan As-sunnah). Sehingga, dengannya ia dihukum melalui hukuman ini.

Dan yang tampak bahwa yang dipampangkan kepadanya adalah tiga agama saja, yang ditetapkan oleh para 'ulama.  Adapun yang selainnya tidak berlaku.”

📖 At-Ta’liq ‘alal Muntaqa min Akhbaaril Musthofa: 1/ 385.

---
* yakin terhadap kebenaran Islam dari awal - hingga akhir hayatnya.

** Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
“Adapun dibentangkan agama (di hadapan seseorang) ketika waktu kematian, maka ujian ini untuk sebagian orang saja, tidak berlaku bagi yang lainnya.” [Majmu’ Al-Fatawa 14/ 202].


oOo


Disadur dari;

📶 https://t.me/ForumBerbagiFaidah [FBF] 

🌍www.alfawaaid.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar