Senin, 03 Juni 2024

INTERVENSI HAWA NAFSU MERUSAK SEGALA SESUATU

 

بسم الله الرحمن الرحيم

✍️  Berkata Al-Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah,

"Hawa nafsu*, tidaklah mencampuri sesuatu melainkan ia pasti merusaknya.  Jika hawa nafsu ada pada suatu ilmu maka akan menyeretnya kepada kebid'ahan dan kesesatan, sehingga pemilik ilmu tersebut menjadi pengekor hawa nafsu.

 Jika hawa nafsu ada pada sikap zuhud maka akan dibawa pada perbuatan riya dan menyelisihi Sunnah.  Jika hawa nafsu mengintervensi suatu hukum, maka akan membawa penegak hukum tersebut pada kezaliman.

Tidaklah hawa nafsu mencampuri sesuatu kecuali ia akan merusaknya."

📚  Raudhatul Muhibbin (hlm. 635)


*  Hawa nafsu;  Adalah kecenderungan tabiat terhadap sesuatu yang dirasa cocok.  Kecenderungan ini merupakan suatu bentuk ciptaan Allah yang terdapat di dalam diri manusia sebagai urgensi kelangsungan hidupnya (Definisi Al-Imam Ibnu Qayyim),

Kecenderungan tabiat yang tercela ini tentunya yang tidak berpedoman pada aturan syariat Islam, baik yang berasal dari Al-Qur'an maupun As-Sunnah, (pen blog).

➖➖➖

قال الإمام ابن القيم: 

"الهوى ما خالط شيئاً إلا أفسده، فإن وقع في العلم؛ أخرجه إلى البدعة والضلالة وصار صاحبه من جملة أهل الأهواء، وإن وقع في الزهد؛ أخرج صاحبه إلى الرياءومخالفة السنة، وإن وقع في الحكم؛ أخرج صاحبه إلى الظلم..فما قارن شيئاً إلا أفسده". 

📚 (روضة المحبّين)(ص٦٣٥).


oOo

Disalin dengan editan dari;

https://t.me/salafy_cirebon

www.salafycirebon.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar