Kamis, 06 Juni 2024

TERTIPU

 

بسم الله الرحمن الرحيم

🎙️ Berkata Al-Imam, Al-Hafidz Adz-Dzahabi rahimahullah:

🕯️ "Siapapun manusianya yang tidak merasa takut bahwa dirinya akan masuk ke dalam Neraka, maka dialah orang yang tertipu dan merasa Aman dari Makar (tipuan) Allah terhadap dirinya."*

📖   Siyar A'lamun Nubala', 6/291.


*  Maka para 'ulama Salaf menetapkan kaidah, bahwa keimanan seseorang baru dikatakan benar bila terpenuhi 3 (tiga) unsur di dalam qalbunya;  Yakni rasa Cinta, Takut, dan Harap kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang harus berjalan secara seimbang, tidak boleh salah satu lebih menonjol (mengalahkan) yang lainnya, yang berakibat menyimpangnya Manhaj (Metode beragama) seseorang.  

Bila rasa cintanya terhadap Allah Subhanahu wa Ta'ala mengalahkan rasa takut dan harap, maka ia akan tersesat ke dalam kelompok Sufiyyah - yang menciptakan kasta-kasta dalam agama Islam, yakni Ma'rifat, Hakikat, dan Syari'at sebagai kasta yang terendah.  Mereka juga yang mengajarkan keyakinan sesat Wihdatul wujud (Penyatuan antara Rabb / Tuhan dengan makhluk).

Bila rasa takutnya mengalahkan rasa cinta dan harap, maka ia akan tersesat ke dalam kelompok Khawarij - yang disebut Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai anjing-anjing Neraka, padahal ibadah shalat, puasa dan bacaan Al-Qur'an mereka mengalahkan generasi terbaik, para Sahabat radhiyallahu 'anhuma.  

Bila rasa harapnya mengalahkan rasa cinta dan takut, maka ia tersesat ke dalam kelompok Murji'ah yang berkeyakinan bahwa maksiat tidak berpengaruh terhadap iman.  

Semua penyimpangan (kesesatan) ini terjadi akibat ketiga unsur di atas (Rasa Cinta, Takut atau Harap) berjalan secara tidak seimbang, yang satu mengalahkan yang lainnya.

(Baca artikel, KELOMPOK-KELOMPOK SEMPALAN PERTAMA, dan KELOMPOK-KELOMPOK SEMPALAN LANJUTAN)(pen blog).

___

‏قال الحافظ الذهبي رحمه الله:

كل من لم يخشَ أن يكون في النار، فهو مغرور قد أمن مكر الله به.

📚 سير أعلام النبلاء ٢٩١/٦

oOo


Disalin dengan editan dari;

🌏https://t.me/salafykarangmakmur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar