بسم الله الرحمان الرحيم
Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah;
▫️ Berkurban itu untuk orang hidup, maka dulu Nabi shallallahu alaihi wasallam memiliki karib-kerabat yg telah meninggal, dalam keadaan Beliau tidak pernah (mengkhususkan) berkurban untuk mereka.
▫️ Jika seorang mayit berwasiat untuk berkurban untuknya, maka hal ini boleh dijalankan wasiatnya, dan di sembelihkan kurban untuknya.
▫️ Seorang berkurban untuknya dan untuk keluarganya, dan boleh diniatkan hal itu untuk orang yg sudah mati dan yg masih hidup (dari keluarganya).
▫️ Seorang yg sudah meninggal disendirikan dalam berkurban, maka ini tidak termasuk sunnah.
📑 Majmu Al-Fatawa, 25/11
قال ابن عثيمين:
أ-الأضحية للأحياء فالنبي صلى الله عليه وسلم مات له أقارب ولم يضحِّ عنهم
ب- إن أوصى الميت أن يضحَّى عنه فهنا تُتبع وصيته ويَضحى عنه
ج-أن يضحي الإنسان عنه وعن أهل بيته، وينوي بذلك الأحياء والأموات
د- أن يُفردَ الميت بأضحية من عنده، فهذا ليس من السنة مجموع الفتاوى (25-11)
oOo
Disalin dengan editan dari;
http://telegram.me/ahlussunnahposo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar