Senin, 31 Agustus 2020

DI ANTARA HAL YANG MERUSAK UKHUWAH (PERSATUAN)


بسم الله الرحمان الرحيم

Asy-Syaikh, Al-'Allamah, Al-Mujaddid, Prof, Dr, Rabi’ bin Hadiy Al-Madkhaliy hafidhahullah Ta'ala berkata :

"Sikap ta'ashub (fanatik buta) dan memperturutkan hawa nafsu termasuk di antara jalan-jalan yang (ditempuh) ahlul-jahiliyyah dan bangsa Tatar, sebagaimana hal itu telah dinyatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (rahimahullah Ta'ala).

Seorang mukmin hendaknya berusaha untuk mengetahui kebenaran dan berpegang teguh padanya, meskipun kebenaran itu diselisihi oleh orang-orang yang menyelisihinya. 

Selamanya, janganlah seseorang ta'ashub kepada kesalahan fulan atau fulan, atau ta'ashub kepada pendapat fulan dan fulan.  Namun, hendaklah dia berpegangteguh pada Al-Kitab dan Sunnah Rasul 'alaihish-shalatu wassalaam, memberikan wala' (loyalitas) maupun bermusuhan dengan berpatokan kepada ajaran Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam setelah dia mengetahui bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam telah mengajarkannya dan tidak berdasarkan  prasangka (perasaan belaka).

Dia mengetahui sesungguhnya permasalahan ini telah diajarkan oleh Muhammad 'alaihish-shalaatu was-salaam, dan yang telah ditunjukkan oleh Kitabullah dan (Sunnah) Rasulullah shallallhu 'alaihi wasallam, dan yang telah dijadikan agama oleh Salaf.

Ibnu Qayyim (rahimahullah) berpendapat sesungguhnya jika kamu telah mengetahui nash (teks dalil) dan telah memahaminya, wajib bagimu berpegangteguh padanya.  Artinya, jika kamu telah mengetahui ada seseorang yang berkata dengan dalil (Al-Qur'an dan As-Sunnah) maka wajib bagimu berpegangteguh dengannya.

Jika kamu telah mengetahui banyak orang yang berkata dengan dalil yang mereka sampaikan, semakin bertambahlah kekokohan dan keyakinanmu.

Dan jika tidak kamu dapati seorangpun (yang berbicara dengan dalil) maka hal itu tidak menjadi syarat, karena yang terpenting: pedoman seorang muslim adalah firman Allah dan sabda Rasulullah;  Ilmu itu adalah firman Allah, sabda Rasullullah dan ucapan Sahabat, dan bukan penyamaran (kerancuan / syubhat, pen blog).

Adapun jika datang seorang yang jahil dan menobatkan dirinya sebagai Imam (tokoh) dan berkecimpung dalam kebathilan dan kesesatan, kemudian kamu ta'ashub (fanatik buta) padanya, maka hal ini termasuk perbuatan (orang-orang) jahiliyyah.

Bahkan seandainya ada seorang Imam yang salah kemudian kamu ta'ashub (fanatik) padanya, maka pada dirimu pun ada sifat jahiliyyah.  Allah Ta'ala berfirman (artinya) :
"(Bahkan mereka berkata), 'Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama, dan sesungguhnya kami orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka'" (Az-Zukhruf : 22)

Maka ta'ashub ini termasuk perkara dan perangai orang-orang jahiliyyah.

Adapun  seorang muslim yang jujur, maka wajib baginya membersihkan diri dari ta'ashub dan dari menyelisihi ajaran Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, (yang melarang) ta'ashub yang tercela! 

Tidak ada yang ta'ashub kecuali عصبي (orang yang sakit syaraf) atau orang yang jelek.  Orang yang sakit syaraf atau orang yang sakit jiwa yang mengalami gangguan jiwa atau dungu. Tidak ada yang ta'ashub kecuali orang yang dungu atau sakit syaraf.

Maka seorang muslim wajib menjauhkan diri (dari ta'ashub) agar tidak menjadi orang dungu, gila, atau sakit syaraf.  Hendaklah dia menjadi orang yang berakal yang mencari kebenaran.  Dan jika dia mengetahui kebenaran, dia mengamalkannya meski kebenaran diselisihi oleh seluruh manusia di muka bumi.  Dia tidak ta'ashub, tidak kepada Imam tidak pula kepada makmum.  Tidak pula kepada yang jujur maupun yang pendusta.  Dia hanya berpegang teguh pada al-haq (kebenaran)."

Dinukil oleh: Kamal Ziyadiy - Muntada Sahab.

الرئيسية ◄المقالات العامة ◄ الشيخ ربيع بن هادي : التعصب مذموم, بل طريقة الكفار
الشيخ ربيع بن هادي : التعصب مذموم, بل طريقة الكفار29 ديسمبر 2015
كتب بواسطة : إدارة الموقعقسم : المقالات العامةتعليقات : 14زيارات : 30٬932

التعصب واتّباع الهوى من طرق أهل الجاهلية ومن طرق التتار كما يقول شيخ الإسلام ابن تيمية ,المؤمن يحاول أن يعرف الحق ويتمسك به ولو خالف هذا الحق من خالف ,ولا يتعصب أبدا لخطأ فلان أو فلان أو رأي فلان وفلان ,إنما يتمسك بكتاب الله وسنة الرسول عليه الصلاة والسلام ويوالي ويعادي على ما جاء به محمد صلى الله عليه وسلم بعد أن يعرف أن محمدا

جاء به وليس بالأوهام ؛عرف أن هذه القضية جاء بها محمد عليه الصلاة والسلام ؛دلّ عليها كتاب الله ودل عليها رسول الله صلى الله عليه وسلم ودان بها السلف .
ابن القيم يرى أنك إذا عرفت النص وفقهته ؛يعني وما عرفت قائلا قال به فعليك أن تتمسك به ؛إن عرفت قائلين قالوا به ازددت قوة ويقينا ,وإذا ما وجدت أحدا فلا يشترط ,المهم أن يكون مدار المسلم على قال الله ,قال رسول الله :
العلم قال الله قال رسوله قال الصحابة ليس بالتمويه
أما يأتي رجل جاهل وينصب نفسه إماما ويخوض في الأباطيل والضلالات تتعصب له فهذا من أعمال الجاهلية ,بل لو كان إماما وأخطأ لو تعصبت له ففيك جاهلية {إنا وَجَدْنَا آبَاءنَا عَلَى أُمَّةٍ وَإِنَّا عَلَى آثَارِهِم مُّقْتَدُونَ } فهذا التعصب من شؤون الجاهليين ومن أعمالهم ,أما المسلم الصادق فعليه أن يتنـزه عن التعصب وعن المخالفات لما جاء به محمد صلى الله عليه وسلم ؛تعصب ذميم ! ولا يتعصب إلا عصبي أو ذميم ؛العصبي يعني مجنون مصاب بداء الأعصاب أو غبي ,لا يتعصب إلا غبي أو عصبي ,فالمسلم يجب أن يتنـزه فلا يكون غبيا ولا مجنونا ؛عصبيا ,يكون عاقلا يطلب الحق ,وإذا عرف الحق أخذ به ولو خالفه من في الأرض جميعا ولا يتعصب لا لإمام ولا لمأموم ولا لصادق ولا لكاذب وإنما يتمسك بالحق .
نقله الكاتب : كمال زيادي – منتدى سحاب.
Titel :
الشيخ ربيع بن هادي : التعصب مذموم, بل طريقة الكفار | شبكة سحاب السلفية
📚 http://www.sahab.net/home/?p=1712

oOo

Disalin dengan editan dari;
Al-Ustadz Syamsu Muhajir Hafidzahullah, "DI ANTARA PERUSAK UKHUWAH;  TA'ASHUB GURU, PENDAPAT, DAN KELOMPOK"
📝 Ramadhan 1437 H



Tidak ada komentar:

Posting Komentar