Jumat, 14 Agustus 2020

UCAPKAN JUGA, "JAZAKALLAHU KHAYRAN" MESKI KEPADA NON MUSLIM


بسم الله الرحمان الرحيم

Ucapan seseorang adalah bagian dari do'a, karena dengannya seseorang memperoleh ganjaran yang lebih baik atau malah keburukan.

•  Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا . فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ

"Barang siapa yang mendapat kebaikan dari orang lain, lalu dia mendoakan kebaikan pada orang yang berbuat baik padanya itu dengan doa, 'Jazaakallaahu khayran'; maka sungguh dia telah memberikan pujian yang terbaik."  (Shahih Al-Jami', 6368) HR. At-Tirmidzi (2035)

Al-Allamah Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menjelaskan,

والظاهر أن الحديث للعموم، فمن صنع إليك معروفًا فقل: «جزاك الله خيرًا»، سواء كان مسلما أو غير مسلم، وقد يكون الخير لغير المسلم هو أن يُسلم.

"Yang tampak bahwa hadits ini bersifat umum. Jadi siapa pun yang berbuat baik terhadapmu maka ucapkanlah padanya, 'Jazaakallahu khayran..' Baik dia muslim ataupun non muslim. Boleh jadi kebaikan bagi non muslim tersebut dengannya ia masuk Islam." (Fath Dzil Jalali wal Ikram, XIV/442)

Pada umumnya, orang tidak mengetahui arti jazaakallahu khayran, maka jika setelah mengucapkan kalimat itu disusulkan dengan terjemahannya tentu ini hal yang baik, semisal 'Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan ..'

✅ JANGAN PERNAH BOSAN MENGUCAPKAN KALIMAT INI

▫  Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu menyatakan,

لَوْ يَعْلَمُ أَحَدُكُمْ مَا لَهُ فِي قَوْلِهِ لِأَخِيهِ: جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا، لَأَكْثَرَ مِنْهَا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ

"Kalaulah salah seorang kalian tahu apa yang bakal didapatkan dari kalimat Jazaakallaahu khayran, yang dia ucapkan kepada saudaranya; maka pasti kalian akan sering-sering mengucapkannya pada sesama kalian." (Ibnu Abi Syaibah, dalam Al-Mushannaf, 26519)

Catatan :
- *Jazaakallaahu khayran, bila diucapkan pada seorang lelaki*

- *Jazaakillaahu khayran, bila diucapkan pada seorang wanita*


oOo
Disadur dari;
✍ -- Tenis Lapangan @ Kota Raja
-- Hari Ahadi, (13:24) 12 Dzulhijjah 1440 / 13 Agustus 2019
📡 https://t.me/nasehatetam
🖥 www.nasehatetam.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar