Kamis, 27 Agustus 2020

NASIHAT BAGI YANG BARU MENGENAL DAKWAH SALAFIYAH


بسم الله الرحمان الرحيم

"Tak kenal maka tak sayang," demikian pepatah yang sering diucapkan orang-orang.
Memang begitulah sifat dasar manusia, umumnya mereka akan menutup diri terhadap suatu perubahan yang belum mereka kenal.  
Dari satu sisi, boleh jadi sifat ini menguntungkan, bila perubahan yang dimaksud membawa pada kerugian.  Akan tetapi, menutup diri secara terus menerus terhadap sesuatu yang akan memperbaiki diri sendiri adalah sebuah kerugian besar, karena kesempatan yang sama belum tentu terulang untuk kedua kalinya.
Solusinya, pelajarilah segala sesuatu itu dengan teliti dari sumber-sumber yang dapat dipercaya ('ulama yang mumpuni), diyakini kebenarannya, dan dapat dipertanggung-jawabkan di dunia (dengan dalil-dalil yang ada, Al-Qur'an dan As-Sunah), maupun di Akhirat kelak (di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala).


Al-‘Allamah Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali hafizhahullah, sebagai salah seorang 'ulama yang mumpuni yang masih hidup hingga saat ini, dan dipercaya oleh para 'ulama lainnya di seluruh dunia pernah ditanya.
(Baca juga artikel, Biografi Syaikh Rabi' bin Hadi Al-Madkhali)

🏫 Pertanyaan : 
“Saya baru mengenal Dakwah Salafiyyah yang sebenarnya. Aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan sekarang.  Mohon berikan pengarahan kepada saya. Barakallahu fikum (semoga Allah memberkahi anda)”

 🌙 Jawab : 
“Tegakkanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ikhlash (murnikan)lah amalan-amalanmu untuk Allah Sang Rabbul ‘Alamin.

🌏 Belajarlah ilmu syar’i dari sumbernya yang asli,
📢 Berta’awunlah (tolong menolong) dengan saudara-saudaramu Salafiyyin di atas kebaikan dan ketaqwaan dalam upaya menyebarkan dakwah (Salafiyyah) ini.

📃 Curahkanlah di jalan dakwah ini, jika kamu mempunyai sesuatu yang bisa kamu curahkan untuk membela dakwah ini.

✅ Beramallah dengan amal-amal shalih semuanya. Tegakkanlah kewajiban-kewajibanmu. Pelajarilah rukun-rukun Islam dan syari’at-syari’at Islam, serta pelajarilah Manhaj Salafy dengan segenap pokok dan cabangnya.

🔭 Ini semua telah tercakup dalam firman Allah :

{إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ} [العصر: 3]
“Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih.” (Al-‘Ashr : 3)

🌼 Maka wajib bagimu (untuk konsisten) di atas iman yang jujur, amal shalih, dan ta’awun (bekerja sama / saling tolong menolong) di dalamnya di atas kebaikan dan ketaqwaan."


oOo

Disadur  dari Salafy Online

📘 (Dari kitab “Marhaban Ya Thalibal ‘Ilmi”,  hal. 467).
@ManhajulAnbiya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar