Rabu, 22 April 2020

DOSA ADALAH PENYEBAB PECAHNYA PERSAUDARAAN DALAM AGAMA


بسم الله الرحمان الرحيم

Al-Imam Al-Bukhari meriwayatkan dalam Al-Adabul Mufrad, dari hadits Anas (bin Malik), bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda (artinya),
"Tidaklah dua orang yang saling mengasihi karena Allah - kemudian keduanya berpisah, melainkan oleh sebab dosa yang dikerjakan oleh salah satunya."

Hadits ini Tsabit dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
Perhatikanlah, semoga Allah 'Azza wa Jalla memeliharamu - bagaimana dampak satu perbuatan dosa menimbulkan perpecahan antara dua orang yang saling mencintai, apalagi dengan dosa yang banyak?!
Akan sama saja halnya, apakah dosa itu merupakan pelanggaran terhadap hak saudaranya yang menyebabkan ia terpisah darinya, ataupun dosa akibat hubungannya dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Ya Allah!  Betapa bahayanya akibat dosa terhadap kehidupan manusia.
Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui alam ghaib, jauhkanlah kami dari perbuatan-perbuatan dosa, dan mudahkanlah kami untuk bertaubat, serta peliharalah kami dari keburukan hawa nafsu dan hati kami.
Waspadalah wahai saudaraku - dalam berinteraksi dengan saudaramu sesama muslim, dan manusia lainnya secara luas dari perbuatan-perbuatan zhalim, ghibah, adu domba, buruk sangka, dusta, atau menipu.
Termasuk sebab permusuhan antara seseorang dengan saudaranya adalah, apa yang merecoki urusan-urusan dunianya.
Betapa banyak orang-orang yang dulunya bersaudara dan saling mencintai, namun setelah masuk ke dalam suatu Badan Usaha - mereka pun menjadi bermusuhan.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman (artinya),
"Dan, sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu - sebagian mereka berbuat zhalim kepada sebagian lainnya, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih;  Dan, amat sedikitlah mereka ini."  (Shad;  24)
Laa Haula wa laa Quwwata illa Billah.


oOo

(Dikutip dan disadur dari kitab, TATKALA FITNAH MELANDA, Asy-Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Asy-Syaikh, Asy-Syaikh Muhammad bin Abdullah Al-Imam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar